-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM101

Pengalaman Seleksi dan Lolos Beasiswa Australia Awards Scholarship AAS (1)

Rabu, 06 September 2017
Salam!
Di postingan kali ini, saya akan cerita bagaimana 'perkenalan' saya dengan beasiswa Australia Awards (Australia Awards Scholarships). Saya yakin bahwa untuk para pemburu beasiswa, pasti sudah pada tahu beasiswa ini. Karena memang beasiswa ini sudah lama sekali ada di Indonesia, dan sempat berubah2 nama nya sampai akhirnya sekarang dikenal dengan nama Australia Awards Scholarships (AAS). Yang perlu diingat, cerita ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ya...bisa jadi ada perubahan2 yang harus disesuaikan saat ini, jadi harus di cek kembali informasi resmi nya. 

Saya kenal beasiswa ini ketika saya ingin melanjutkan studi master sekitar tahun 2011. Kalau cerita kenapa saya memutuskan untuk sekolah lagi, itu akan saya posting lain kali ya..(janji sambil bilang dalam hati, mudah2an gak lupa...hehe). Jadi waktu 2011 itu, saya ikut beasiswa ini yang masih bernama Australian Development Scholarships (ADS) dan tahu informasinya dari kawan dan saudara2 yang kebetulan punya minat yang sama (baca: sekolah gratis).  Saran saya, kalau memang ingin daftar beasiswa ini, jangan percaya begitu aja info dari orang ya...karena kan bisa jadi yang bersangkutan lupa, atau sebaliknya...lebay..hehe. Maksud saya adalah kita pun harus aktif cari2 informasi sendiri, bisa via google dan jangan lupa untuk masuk ke website australia awards http://australiaawardsindonesia.org/content/12/long-term-awards untuk melihat pengumuman resmi dan persyaratan lengkapnya. 
Pada tahun 2011, seingat saya dokumen aplikasi harus dikirimkan via pos atau kurir. Emang rada ribet ya...ditambah dengan kekhawatiran akan dokumennya apakah sampai dengan selamat atau tidak ke tujuan. Jadi kalau sekarang yang semua nya serba online, wah...udah enak bener deh, tinggal scan, upload dan bisa dilihat apakah dokumennya tersimpan sukses atau tidak. Naah...balik ke 2011 itu bisa dibilang adalah pertama kali nya saya 'berkenalan' dengan AAS (dulu ADS). Saya akui, waktu itu memang saya belum terlalu fokus akan tujuan saya, jadi pertanyaan2 tentang mau kuliah dimana, ngerjain apa, ambil apa, course nya bagaimana..semua jawabannya akan "lihat nanti aja lah..". Kebetulan juga pada saat itu, saya sedang mengikuti seleksi untuk beasiswa Pemerintah Aceh.

Ternyata benar, saat kawan2 saya ada yg gembira karena masuk shortlisted, saya ya biasa aja...dan tahu bakal gak lolos. Karena ya itu, saya belum terlalu fokus dan mengisi formulir 'sekenanya'. Tapi kata orang tua dan suami saya, "Disaat satu pintu tertutup, pintu yang lain akan terbuka", pada akhirnya saya mengalami sendiri hal tersebut. Saya gagal ke Australia, melainkan sekolah ke Taiwan dengan beasiswa Pemerintah Aceh. Pengalaman saya menempuh S2 di Taiwan pernah saya share pada website Indonesia mengglobal, ini linknya ya http://indonesiamengglobal.com/2016/06/kuliah-di-taiwan-dengan-beasiswa-pemerintah-aceh/

Beberapa tahun berlalu, saya pun kembali bertemu dengan AAS, tapi kali ini dengan tujuan berbeda, untuk menempuh studi S3. Untuk postingan pertemuan kedua dengan aas, saya ceritakan di postingan berikutnya (bagian 2) ya!

Kalau ada pertanyaan, silakan tinggalkan comment di bawah, mudah2an saya bisa bantu jawab :)

Share This :
avatar
Anonim

Halo mbak Amel, selamat telah lolos AAS :) Boleh minta emailnya tidak mbak untuk tanya2 terkait AAS? terima kasihh

Kamis, Januari 31, 2019
avatar
Amelia

Halo juga,
Terima kasih ya...tanya2 disini juga boleh, Insha Allah saya akan balas sesegera mungkin. Email saya juga tertera di blog ini, semoga lancar2 dan sukses ya!

Rabu, Februari 06, 2019
avatar

Hai kaak .. pengalaman kita mirip2 dikit ni.. aku juga udh searching ttg AAS (dan beasiswa lainnya) ini sejak mencari beasiswa S2.. Alhamdulillaah dpt rezeki menempuh master degree di Korea Selatan Agustus 2020 ini.. sukses selalu ya kaaaa.. ada instagramnya kah? Hehe salam kenal kakaaaak

Sabtu, Agustus 08, 2020
avatar
Amelia

Salam kenal juga FandhaFlava!
Terima kasih doanya yaa...serta selamat dan sukses juga untuk studi nya di Korsel! Instagram aku ada juga kok..hehehe, silakan follow yaa...(alamat akun ada di bawah foto ku di blog ini).

Senin, Agustus 10, 2020