-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM101

Perkiraan Biaya Hidup di Sydney, Australia

Selasa, 19 Januari 2021
Salam!
Kali ini saya akan membahas tujuh komponen utama dalam menghitung perkiraan biaya hidup di Sydney, Australia. Karena menyangkut uang, maka postingan ini kemungkinan akan bersifat subjektif. Bisa saja terkesan banyak (jumlahnya) untuk beberapa orang, tapi tidak untuk orang lain. Ingat bahwa kondisi dapat saja berbeda untuk setiap orang, waktu, ataupun situasi. Jadikan postingan ini sebagai referensi saja untuk teman-teman yang sedang merencanakan atau mencari informasi terkait biaya hidup di Sydney. Kita mulai ya..!
Perkiraan biaya hidup di Sydney, Australia (ilustrasi pexels.com)
Setiap komponen utama biaya yang disebutkan di postingan ini berlaku untuk Dollar Australia ya..đŸ˜€Teman-teman bisa cari tahu sendiri informasi untuk nilai tukarnya dalam Rupiah. Saya tuliskan dalam "$" agar lebih mudah membacanya. 
  1. Akomodasi atau tempat tinggal merupakan komponen pertama sekaligus yang terbesar jumlahnya.  Besarnya akan bervariasi karena tergantung dari banyak faktor. Misalnya: lokasi, besarnya (jumlah kamar), fasilitas, dll. Sebagai informasi, sewa apartemen di Sydney akan dihitung per-minggu. Beberapa teman memilih untuk sharing apartemen, jadi hanya menyewa kamar. Tapi banyak juga yang memilih untuk sewa apartemen (umumnya keluarga). Sebagai perkiraan, sewa untuk kamar per-minggu antara $200-$300. Sedangkan untuk sewa apartemen, antara $350-$500 per-minggu atau bahkan lebih.
  2. Listrik. Bila biaya pada no.1 belum termasuk biaya listrik, maka teman-teman harus membayar biaya listrik yang juga akan bervariasi tergantung dari jenis akomodasi apa yang ditempati. Artinya, jika hanya menyewa kamar, maka biaya listrik akan lebih murah dibandingkan bila menyewa apartemen. Umumnya, biaya listrik akan dibayar per-3bulan. Sebagai perkiraan, saya membayar $300 per-3 bulan untuk listrik.
  3. Gas. Serupa dengan no.2, biaya gas dibayarkan per-3 bulan. Untuk perkiraan, biaya gas sekitar $120 per-3 bulannya.
  4. Biaya makan. Komponen biaya ini dapat ditekan dengan memasak sendiri di rumah. Sangat hemat bila dibandingkan makan di luar (restoran) yang dijual dari $10 per-porsinya. Kalau masak sendiri di rumah, kira-kira bisa $100-$200 per-minggu tergantung dari jumlah anggota keluarga, menu masakan, dll.
  5. Biaya transportasi. Untuk teman-teman yang menggunakan transportasi umum di Sydney, maka wajib memiliki kartu opal. Kartu ini dapat diisi jumlahnya, dan di-tap pada mesin yang disediakan pada saat ingin naik dan turun dari transportasi umum. Biaya transport akan dihitung sesuai jarak (km), tapi sebagai perkiraan, teman-teman siapkan $50 per-minggu untuk transportasi. Untuk teman-teman yang menjadi awardee AAS, kita akan mendapat keringanan biaya transportasi (concession card) yaitu setengahnya, menjadi $25 per-minggu.
  6. Paket data dan bicara (Handphone). Umumnya, provider akan menyediakan berbagai plan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Saya pribadi memilih plan $35 per-bulannya. 
  7. Wifi (Internet). Seperti no. 6, biaya ini juga dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Sebagai perkiraan, plan yang saya gunakan adalah nbn unlimited plan dengan biaya $55 per-bulan.
Walaupun masih ada komponen lain (seperti biaya hiburan) yang harusnya kita masukkan, postingan kali ini hanya membahas komponen utama perkiraan biaya hidup di Sydney. Mungkin perlu dicatat bahwa Sydney adalah salah satu kota dengan biaya hidup yang tinggi, sehingga perlu perencanaan biaya yang matang. 

Kondisi saya di sini yang studi sambil membawa keluarga, dapat berbagi untuk membayar komponen biaya di atas dengan suami. Student maupun dependent juga diperbolehkan bekerja, walaupun jumlah jam kerjanya berbeda. Postingan terkait pekerjaan suami dapat dibaca di sini. Tentu saja, ini bisa membantu pendapatan keluarga. 

Semoga postingan ini bermanfaat ya... Jika ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom comment di bawah. Insha Allah saya akan jawab secepatnya. Sehat-sehat selalu semuanya dan sampai ketemu pada postingan berikutnya!


Share This :