-->
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM101

Tips Menjawab Supporting Statements pada Aplikasi Beasiswa AAS

Minggu, 21 Februari 2021
Salam!
Bagi teman-teman yang mendaftar beasiswa AAS, kemungkinan besar sudah mengetahui bahwa pada website oasis akan terdapat salah satu poin (tepatnya no.15 dari 19 poin yang ada) yang bernama "supporting statement." Pada poin tersebut terdapat empat pertanyaan yang masing-masing harus diisi dengan maksimal 2000 karakter yang (menurut saya) menjadi kunci lolos atau tidaknya teman-teman pada beasiswa AAS. Sampai disini, banyak pendaftar yang mencari tahu: Apa jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan? 

Postingan kali ini tidak membahas apa jawaban yang benar untuk empat pertanyaan tersebut, karena utamanya jawaban tentu akan tergantung pada kondisi teman-teman. Latar belakang pendidikan dan/atau pekerjaan, pengalaman berorganisasi, dan kondisi pekerjaan saat ini adalah beberapa dari banyak contoh kondisi yang mempengaruhi jawaban teman-teman. Nah, kali ini saya akan berbagi tips yang mudah-mudahan dapat dijadikan panduan dalam menjawab supporting statements pada formulir aplikasi beasiswa AAS. Kita bahas masing-masing pertanyaan ya..

1. Why did you choose your proposed course and institution? 
Penjelasan: Pertanyaan ini terkait dengan alasan spesifik mengapa memilih jurusan (course) tertentu dan di kampus (institution) tertentu. Untuk menjawab pertanyaan ini, teman-teman bisa menghubungkannya dengan latar belakang dari sisi pekerjaan saat ini, pendidikan terdahulu, rencana penelitian, ataupun rencana/tujuan teman-teman di masa yang akan datang. Tentunya, masukkan juga keunggulan dari jurusan dan/atau kampus tersebut (dibandingkan jurusan/kampus lain di Australia) yang dapat mendukung tercapainya tujuan (goal) teman-teman.

2. How will the proposed study contribute to your career?
Penjelasan: Pertanyaan ini terkait dengan kontribusi apa yang akan teman-teman berikan setelah menyelesaikan studi di Australia. Untuk menjawab pertanyaan ini, teman-teman bisa menghubungkannya dengan tujuan (spesifik pada karir) yang ingin dilakukan di masa depan. Bagaimana studi di Australia yang teman-teman jalani dapat membantu untuk memberikan kontribusi positif, khususnya pada karir. Ingat untuk selalu memberikan contoh atau penjelasan yang spesifik.
menjawab supporting statements beasiswa AAS (ilustrasi pexels.com)
3. How have you contributed to solving a challenge and to implementing change or reform?(Be specific and include: what aspect/s of your leadership knowledge, skills and practice you consider to be well established and effective; which people or organisations you worked with to solve the problem; and what creative methods were used.)
Penjelasan: Singkatnya, pertanyaan ini terkait dengan pengalaman teman-teman membantu orang lain/komunitas/institusi dalam menyelesaikan masalah yang ada, maupun untuk melakukan perubahan. Untuk menjawabnya, teman-teman bisa ambil satu pengalaman ketika teman-teman berada dalam kondisi permasalahan. Jelaskan secara spesifik apa yang sudah teman-teman lakukan dalam membantu menyelesaikan permasalahan tersebut, bagaimana hal tersebut efektif untuk menyelesaikan permasalahan, tantangan apa yang dihadapi pada kondisi tersebut, dan mungkin solusi perubahan yang dapat diterapkan untuk menghindari permasalahan terjadi kembali. 

4. Please:- a) give up to three practical examples of how you intend to use the knowledge, skills and connections you will gain from your scholarship. Possible tasks can be personal and/or professional; and b) list any possible constraints you think may prevent you from achieving these tasks.
Penjelasan: Singkatnya, pertanyaan pada poin (a) terkait dengan contoh (paling banyak tiga contoh) tindakan yang akan dilakukan setelah menyelesaikan studi di Australia. Teman-teman bisa hubungkan dengan kondisi yang ada di komunitas/institusi saat ini, maupun dengan pengembangan diri pribadi. Jelaskan juga bagaimana contoh tindakan tersebut dapat memberikan dampak positif maupun perubahan bagi sekitar. Sedangkan untuk poin (b), teman-teman dapat memberikan contoh tantangan yang mungkin akan dihadapi untuk mencapai tujuan tersebut. Misal: biaya, sumber daya manusia, maupun hal lainnya. 

Saran saya dalam menjawab empat pertanyaan tersebut adalah: honest (jujur), specific (spesifik, khusus), dan to-the-point (tidak bertele-tele). Teman-teman bisa baca postingan saya sebelumnya mengenai tiga kesalahan yang umum dilakukan pada saat mendaftar beasiswa AAS (klik di sini untuk artikel lengkap). Jadi, revisi dan baca kembali sebelum submit aplikasi. Formulir pendaftarannya kan juga bisa disimpan online 👍

Semoga postingan ini dapat membantu ya...Kalau ada yang ingin ditanyakan, silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar, Insha Allah saya jawab secepatnya. Semangat dan semoga lancar proses beasiswanya!





Share This :